10 Tips untuk membuat Weblog

1. Pilih alat update yang mudah digunakan.
Beberapa penyedia jasa update menyediakan antarmuka WYISWYG(What You See Is What You Get) untuk mengedit artikel yang Anda tulis, tapi ada juga yang tidak. Bila penyedia jasa yang Anda gunakan termasuk yang terakhir ini, sebaiknya Anda menguasai HTML walaupun sedikit. HTML tidak terlalu sulit. Jangan ragu-ragu mencoba jasa update baru. Jangan lupa memeriksa ketersediaan tiap jasa. Jangan memilih alat update yang sering down atau lambat memperbaiki bug. Pilih satu yang paling berguna untuk Anda.

2. Tentukan tujuan Anda membuat blog.
Weblog bisa digunakan untuk menyaring informasi, berbagi berita keluarga, meningkatkan reputasi profesional—apapun. Mengetahui apa yang ingin Anda capai dengan membuat blog akan membantu Anda memulai dengan lebih terfokus.

3. Tentukan audiens yang Anda tuju.
Tulisan untuk teman-teman berbeda dengan tulisan untuk rekan profesional, atau pelanggan. Audiens yang Anda tuju akan membantu memilih nada tulisan Anda.

4. Jangan mengada-ada, jangan bertele-tele. Katakan hal yang sebenarnya. Be real.

5. Tulis tentang hal yang Anda minati dan sukai.
Tertarik pada politik, musik, berkebun, fotografi? Tuliskan hal-hal itu dalam blog Anda. Semakin terikat Anda dengan bidang yang anda minati, semakin menarik dan berguna tulisan Anda.

6. Perbarui sesering mungkin.
Pembaca yang tertarik akan kembali ke situs Anda bila ada yang baru. Tidak perlu mengupdate setiap hari, tapi paling tidak posting artikel baru beberapa kali seminggu.

7. Bangun kredibilitas Anda.
Jangan berbohong, sebisa mungkin (kita bisa saja berbohong tanpa kita ketahui—menceritakan hal yang kita kira benar). Hormati audiens Anda dan teman-teman Anda sesama blogger. Di internet, ada kemungkinan kata-kata Anda akan tetap ada untuk selama-lamanya.

8. Link ke sumber.
Ketika Anda menautkan blog Anda ke sumber berita, dokumen pemerintah, atau blogger lain, Anda memungkinkan pembaca mengakses langsung sumber primer dan tidak menyuap begitu saja informasi pada audiens.

9. Link ke weblog lain.

10. Sabar—sabar.
Audiens weblog biasanya kecil, tetapi seiring bertambahnya waktu dan bertambahnya entri blog, pembaca blog Anda akan bertambah dan semakin banyak yang menanggapi.

Tidak ada komentar:

About

Hello.. If there any question or anything you want ask to me, you can wrute it in Chat Box or you can email Me.. cheee_ex@hotmail.com